Contoh Karya ilmiah II ~ Gudang Fisika

Selasa, 16 Maret 2010

Contoh Karya ilmiah II

DUA BIBIR WANITA MEMBAWA PETAKA (Cerpen)

Malam yang sepi menghibur diri, menghibur dikalaku terkatih-katih, kelelahan setelah seharian menguras otak demi nilai raport pembawa cerahnya masa depan untuk sebuah kehidupan. Kusegarkan pikiran untuk menyambut hari pertama ujian semesteran dibulan ke Juni ini. Kularutkan pedihnya mata dalam angan-angan hingga esok hari.

Kring…ku…kuruyuk, dering jam wacker dan suara ayam jantan tetangga membangunkan tidur lelapku. Sesaat kuberjalan untuk menghentikan bunyi nyaring teman pagiku dan kumulai membersihkan tubuh dari sisa-sisa debu tempat tidur.

Jam 07.00 tepat aku mulai berangkat menuju sekolah sembari membaca buku agar dapat mengerjakan soal ujian semesteran. Setelah kaki menginjak halaman sekolah bell masukpun berbunyi, kumulai berlari menuju ruang 4 dari tepi pintu sekolahku berdiri.

Setelah kedua materi pelajaran aku kerjakan, temanku datang sambil menyodorkan beberapa lembar folio.

”Hai Ochi, apa kamu tahu kalau soal fisika yang dibagikan kemarin sekarang harus dikerjakan sampai selesai dilembaran kertas folio dan dikumpulkan hari ini?”

”Aku sudah tahu donk Jay, lha kamu sudah ngerjakan belum? Kalau belum pinjam punyaku saja tapi masih kurang beberapa nomor lagi.”

”Wah beneran boleh pinjam? Hebat donk kamu, dari 35 nomor cuma kurang 11 nomor.”

”Biasa saja, kan sudah dikerjakan dari kemarin” (ujarku dengan menyodorkan jawaban dan kertas folio yang Jayadi berikan).

Sembari menunggu Jay mengerjakan tugas fisika. Aku mulai mencoba dan bertanya tetang soal yang belum bisa aku jawab.

Kami semua sudah mengerjakan soal fisika dengan rapi walaupun masih kurang 6 nomor yang belum bisa kami jawab tapi teman-teman menyerah dan mulai mengumpulkan tugas fisika itu. Tapi semua teman menyuruhku mengumpulkan tugas fisika mereka.

Dibawah rindangnya pohon mangga ditepi lapangan basket aku dan keempat temanku yaitu Kana, Atik, Atun dan Nila mulai mengrjakan soal yang belum terjawab. Nampak dari kejauhan guru-guru hendak pulang memandangi kami, walaupun aku sadar bahwa aku satu-satunya lelaki yang mengerjakan tugas fisika yang belum terbenahi.

Jam 12.45 kami selesai mengerjakan soal itu dan 2 soal belum terjawab, kami pulang sambil dari kejauhan menyapa bapak kepala sekolah yang meninjau pembangunan UKS baru.

Keesokan harinya setelah mengerjakan ujian semesteran kimia aku pulang bersama ayahku yang juga menjadi salah seorang guru disekolahku.

”Yah, nanti beli kertas buat mencetak novel Ochi ya?” (ucapku dengan penuh pengharapan)

Ayahku tak menjawab sama sekali, senyum pasi pun tak terlukis dari raut wajahnya.

Aku tahu bahwa saat ini ayah marah dan apa yang membuat ayah marah, berkali-kali kata tanya dibenakku.

Raut mimik tak sempurna digambarkan ayahku setelah sampai dirumah. Aku bertanya pada ayahku

”Ayah kenapa?”

”Tidak apa-apa” (mendesah baai keluhan yang memberatkan)

Aku beranjak pergi dari teras tempat ayahku terdiam, beribadahlah aku untuk menenangkan pikiran. Sesaat kemudian ku hampiri ayahku untuk kedua kalinya

”Yah, kenapa?!”

”Apa-apa’an kamu”

”Aku kan cu…”

”Kamu kemarin pacaran dipojok kelaskan? Kamu bilang ke Ayah kalau kamu keinternet dan mengerjakan tugas, tapi apa?” (sahut ayahku memotong perkataanku).

”Bukan yah, aku kemarin menerjakan tugas fisika sama teman-teman.”

”Tau tidak kamu kalau teman-teman ayah waktu mau pulang lihat kamu pacaran dipojok kelas! Bapak kepala tahu akan itu kata ibu-ibu guru!”

”Bukan, aku ti…”

Kamu khianati kepercayaan ayah, kamu bilang ngrjakan tugas fisika?! Fisika apanya xxx ” (kata-kata kotor yang belum pernah aku dengar sekalipun kudengar diucapkan ayahku dengan sempurna).

Aku beranjak menuju kamar, menangis, merintih dan berfikir akan kata-kata ayahku. Butiran-butiran air sayu menetes dipipi, menghiasi kepedihan hati yang tersakiti. Kenapa ayahku tidak mau mendengar penjelasanku! Kenapa ayah lebih percaya oran diluar sana dari pada anaknya sendiri? Apa yang harus aku lakukan untuk menyadarkan ayahku? Kenapa ibu-ibu guru tega berkata kalau aku pacaran dipojok kelas?! (ribuan kata tanya hatiku). Mereka tidak tahu kalau saat itu aku sedang mengerjakan tugas fisika yang harus dikumpulkan saat itu juga.

Aku tahu bila ayahku marah akan bisa meredam apabila ada saudara yang menasehati atau ada yang mengesankan baginya. Mereka tidak tahu apa yang sedang aku rasakan. Mereka hanya mementingkan dua mulutnya mengobrol gosip tanpa memikirkan apa yang akan terjadi nanatinya.

Kutorehkan kata hatiku diatas selembar kertas berharap dapat meringankan kesedihan yang menusuk hati. Semoga semua ini cepat berakhir.

Bookmark and Share

SAKIT HATI

Posted on by ilmucint4.
Categories: Tak Berkategori.

Ribuan kata tanya membekas dihati

Disaat ku terkatih-katih merajut sebuah mimpi

Disaat aku berharap ada yang mengerti

Sakitnya hati akibat sebuah puisi

Yang terucap dari mulut ayah yang aku sayangi

Jutaan air mata membasahi pipi

Tak ada seorangpun yang peduli

Sakitnya hati ini

Akibat perkataan ayah yang aku cintai

Mengapa ayah tega berkata nista

Berkata didepan anak dan istrinya

Bookmark and Share

PUJANGGA HATI

Posted on by ilmucint4.
Categories: Tak Berkategori.

Rangkaian perkataan yang tak kumengerti

Merangkai bibir manis sang pujangga hati

Tak hiraukan banyak orang disisi

Tak hiraukan betapa sakitnya telinga ini

Mendengar ucapan yang perih dari

Sang pujangga hati

Hati yang mati

Hati yang khilaf tak tahu diri

Membekas dalam sebuah fiksi

Dari seorang pujangga hati

Yang bergitu aku sayangi

Semoga ia lekas sadari

Perbuatan yang tak seharusnya menghiasi

Bibir manis sang pujangga hati

Bookmark and Share

Contoh Karya Ilmiah Menarik

Posted on by ilmucint4.
Categories: Tak Berkategori.

PENGARUH SITUS JEJARING SEBAGAI MEDIA MAYA YANG NYATA BAGI PELAJAR SMA

Oleh :

NUR ROCHIM

XI.IPA 2

S

i

EKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMA) NEGERI JUMAPOLO KARANGANYAR 2009

HALAMAN PENGESAHAN

Karya Ilmiah Remaja

Dengan Judul

PENGARUH SITUS JEJARING SEBAGAI MEDIA MAYA YANG NYATA BAGI PELAJAR SMA

Disusun oleh :

Nama : Nur Rochim

NIS : 5280

Kelas : XI.IPA 2

Karya Ilmiah remaja ini kami sahkan dan setujui untuk memenuhi nilai tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun 2009.

Jumapolo, 24 Mei 2009

Pembimbing

(Dra. Kussetyaningsih, M.Pd)

NIP.132 142 573

ii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpakan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah remaja ini dengan baik dan lancar. Karya ilmiah yang berjudul :

PENGARUH SITUS JEJARING SEBAGAI MEDIA MAYA YANG NYATA BAGI PELAJAR SMA”, dapat berguna dalam dunia pendidikan.

Karya ilmiah ini dapat diselesaikan berkat kerjasama dan dorongan serta perhatian dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Ibu Dra. Kussetyaningsih, M.Pd yang telah membimbing, mengarahkan penulisan karya ilmiah ini.

  2. Bapak dan Ibu Mustaqim yang telah memberikan pengertian, perhatian, dukungan, semangat dan doanya.

  3. Rekan-rekan kelas XI.IPA 2 yang telah berpartisipasi dan memotivasi dalam penulisan karya ilmiah ini.

  4. Adik kelas X.6 yang telah berpartisipasi dan memotivasi dalam penulisan karya ilmiah ini.

Semoga bantuan, doa dan kebaikan Bapak/Ibu serta rekan-rekan mendapat imbalan dari Allah SWT. Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan karya ilmiah ini.

Akhirnya penulis berharap agar karya ilmiah ini dapat bermanfaat khususnya dalam dunia pendidikan.

Jumapolo, 24 Mei 2009

Penulis

iii

DAFTAR ISI

Halaman Judul i

Halaman Pengesahan ii

Kata Pengantar iii

Daftar Isi iv

Daftar Tabel v

Daftar Lampiran vi

Abstrak vii

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah 1

  2. Perumusan Masalah 1

  3. Tujuan Penelitian 1

  4. Manfaat Penelitian 2

BAB II LANDASAN TEORI

  1. Sejarah Situs Jejaring 3

  2. Situs Jejaring Perusahaan 3

  3. Situs Jejaring Terpopuler 3

  4. Situs Jejaring Terbesar DiDunia 4

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat Penelitian 5

  2. Waktu Penelitian 5

  3. Sumber Data 5

  4. Metode Penelitian 5

  5. Metode Pengumpulan Data 5

  6. Teknik Pengumpulan Data 5

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Hasil Penelitian 6

  2. Pembahasan Hasil Penelitian 6

  3. Keterbatasan Dalam Penelitian 7

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

  1. Simpulan 8

  2. Saran 8

Daftar Pustaka 9

Lampiran 10

iv

DAFTAR TABEL

Tabel 4.1 Data penelitian siswa kelas X.6 yang memiliki situs jejaring.

Tabel 4.2 Data penelitian siswa kelas XI.IPA2 yang memiliki situs jejaring.

v

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Bahan Wawancara dan Observasi

Lampiran 2 Jawaban Yang Terkumpul Dari Wawancara

Lampiran 3 Daftar Siswa Yang Memiliki Situs Jejaring

Lampiran 4 Macam-macam Situs Jejaring

vi

ABSTRAK

Nur Rochim, XI.IPA2 SMA Negeri Jumapolo 2009. “Pengaruh Situs Jejaring Sebagai Media Maya Yang Nyata Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).”

Karya ilmiah ini berlatar belakang : 1) Dunia maya adalah dunia yang tak mengenal batas, dunia yang bisa menjebak seseorang menjadi orang tak sadar. 2) situs jejaring sosial adalah tempat berkumpul dan berinteraksinya antara satu individu dengan individu yang lain dalam sebuah komunitas. 3) Situs jejaring sosial telah merambah ke dunia pelajar di Indonesia yaitu melalui siswa sekolah menengah atas (SMA).

Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui apakah semua siswa sekolah menengah atas (SMA) bisa membuat situs jejaring. 2) Untuk mengetahui berapa banyak pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang memiliki situs jejaring. 3) Untuk mengetahui mengapa pelajar sekolah menengah atas (SMA) umumnya tertarik pada situs jejaring.

Hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Siswa sekolah menengah atas (SMA) umumnya telah memiliki situs jejaring. 2) Siswa sekolah menengah atas (SMA) memiliki situs jejaring dikarenakan pengaruh teman, iklan dimajalah, Koran dan internet. 3) Jumlah siswa sekolah menengah atas (SMA) yang memiliki situs jejaring paling banyak kelas XI.IPA2 atau 65,3%. 4) Mulai saat ini semua pelajar sekolah menengah atas (SMA) hendaknya segera membuat situs jejaring untuk generasi global yang penuh kreasi.

vii

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Dunia maya adalah dunia yang tak mengenal batas, dunia yang bisa menjebak seseorang menjadi orang tak sadar. Mungkin ini adalah salah satu akibat dari majunya zaman yang semakin tak bisa dihindari. Salah satu yang bisa kita nikmati dalam dunia online adalah situs jejaring sosial, yaitu tempat berkumpul dan berinteraksinya antara satu individu dengan individu yang lain dalam sebuah komunitas.

Komunitas itu memberikan banyak tawaran pada anggotanya untuk menjalin berbagai hubungan antara yang satu dengan yang lain, antara A dengan B. Semakin banyak situs jejaring sosial yang yang ada di bumi ini, semua menawarkan sesuatu yang menarik. Mungkin ada kesamaan tapi juga ada perbedaan antara situs jejaring sosial yang satu denagn yang lain, misalnya Plurk dengan twitter,atauFacebookdenganFriendster.

Selain itu situs jejaring sosial telah merambah ke dunia pelajar di Indonesia yaitu melalui siswa SMA, seperti yang peneliti lihat di SMA Negeri Jumapolo, hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi sehingga menimbulkan rasa ingin tahu siswa menjadi besar. Dalam dunia maya ada berbagai situs jejaring yang dapat dijumpai sehingga pelajar SMA juga harus bisa membedakan antara situs jejaring yang positif dan negative. Bahkan banyak pelajar yang memanfaatkan situs jejaring sebagai media semua informasi dan untuk mencari teman didunia maya.

Sehubungan dengan masalah tersebut diatas penulis terdorong untuk meneliti dengan judul : “PENGARUH SITUS JEJARING SEBAGAI MEDIA MAYA YANG NYATA BAGI PELAJAR SMA”.

  1. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat ditarik suatu rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Apa setiap pelajar SMA bisa membuat sebuah situs jejaring?

  2. Mengapa pelajar SMA umumnya tertarik pada situs jejaring?

  3. Berapa banyak pelajar SMA yang memiliki situs jejaring?

  4. Situs jejaring apa yang sangat menarik bagi pelajar SMA?

  1. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini antara lain :

    1. Untuk mengetahui apakah semua siswa SMA bisa membuat situs jejaring.

    2. U

      1

      ntuk mengetahui berapa banyak pelajar SMA yang memiliki situs jejaring.

    3. U

      2

      ntuk mengetahui mengapa pelajar SMA umumnya tertarik pada situs jejaring.

  1. Manfaat Penelitian

    1. Dapat mejelaskan berbagai situs jejaring yang mengesankan bagi pelajar SMA.

    2. Memperkenalkan berbagai situs jejaring kepada pelajar SMA agar dapat mengelola situs jejaring dengan menarik.

BAB II

LANDASAN TEORI

    1. Sejarah Situs Jejaring

Pada awalnya sebuah organisasi ekonomi dunia di Davos telah menciptakan versi beta, yaitu situs jejaring sosial yang pertama kali dibuat oleh Mark Zuckerberg, Vladimir Putin dan Koan Finna pada tahun 1998 untuk tempat bertukar pikiran antara orang-orang hebat didunia dan memperkenalkan barang jualan antar perusahaan.

Akhir-akhir ini marak bermunculan berbagai situs jejaring, salah satunya yang saat ini populer adalah Facebook. Menurut versi www.toptenreviews.com, Facebook menduduki peringkat pertama dalam rating untuk semua aspek. Yaitu demografi, profil, keamanan, fitur jejaring, pencarian dan dukungan teknik.posisi kedua ditempati MySpace, lalu peringkat ketiga oleh Bebo, keempat oleh friendster dan kelima Hi5.

    1. Situs Jejaring Perusahaan

Dari penelitian yang dilakukan oleh Firma Demos menilai bahwa pekerja yang menggunakan situs jejaring sosial sangat membantu bagi mereka untuk menjalin relasi dan mencari konsumen untuk membantu produk yang ditawarkan oleh perusahaan dimana dia bekerja.

Peter Bradwell peneliti asal Demos mengatakan bahwa perusahaan harus mengizinkan pegawainya untuk menggunakan situs jejaring sosial. Karena selain untuk bermain, situs ini bisa menolong pegawai untuk mengenalkan inovasi produknya, sehingga mampu mendongkrak penjualan.

“Melarang Facebook atau YouTube maka mustahil bagi perusahaan meningkatkan penjualan, dan konsumen yang banyak. Karena pada kenyataannya Facebook sangat-sangat membantu,” (Peter Bradwell:14).

    1. Situs Jejaring Terpopuler

D

3

iantara situs-situs jejaring yang marak bermunculan beberapa tahun belakangan ini, ada salah satu situs jejaring yang kini naik daun yaitu facebook. Didirikan tahun 2004, Facebook telah mencatatkan lebih dari 200.000 juta pengguna serta ribuan jaringan bisnis. Facebook dibuat oleh alumni Universitas Harvard, Mark Zuckenberg awalnya hanya sebatas situs untuk para alumni lulusan Harvard. Selanjutnya Facebook berkembang pesat sebagai situs untuk hiburan dan pekerjaan. Facebook memiliki layanan fitur privasi. Dengan layanan para pengguna Facebook dapat mengontrol terhadap siapa saja yang diperbolehkan mengakses data profil mereka. Facebook telah mengembangkan berbagai ragam aplikasi yang dapat diinstall para pengguna. Aplikasi-aplikasi inilah yang memberikan nilai tambah bagi Facebook. Aplikasi yang dikembangkan banyak yang mendukung bisnis dan pekerjaan seperti menjual atau membeli barang, ala eBay dengan orang-orang yang ada dalam jaringan yang dimiliki para pengguna.

    1. S

      4

      itus Jejaring Terbesar Di Dunia

Friendster adalah situs jejaring terbesar di dunia dengan market pasar terbesar adalah negara-negara di Asia. Banyak sekali kelebihan dari friendster yang membuatnya unik dan terus dijadikan orang untuk berhubungan satu sama lain. Kelebihan friendster terletak pada kemudahan pengoperasian. Halaman data diripun sangat variatif, karena semua tergantung dari kita sang pemilik yang mengutak-atik halaman tersebut semenarik mungkin. Nah kekurangan dari friendster adalah blognya memiliki fitur yang terbatas dan seadanya. Jadi bagi para blogger, pasti merasa blog friendster kurang representatif untuk menyalurkan hobi dan bakat. Kekurangan kedua adalah kita tidak mengetahui dengan pasti siapa saja rekan-rekan kita yang sedang on line, meski pada halaman home ada daftar orang-orang yang up date, namun data itu tidak bisa kita jadikan patokan untuk berinteraksi dengan rekan kita yang sedang on line.

Begitupun untuk mengajak orang untuk menjadi teman kita, ada beberapa tahap yang membuat kita malas mencari teman jika kita ingin mengajak orang lain untuk berteman. Meski begitu fitur group pada Friendster cukup lengkap karena kita bisa berinteraksi layaknya forum dan semua orang bisa turut bergabung dengan group kita meski untuk melakukan itu semua kita harus menginvite satu persatu orang yang memiliki friendster.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Jumapolo kelas X.6 dan XI.IPA2. Pertimbangan memilih SMA Negeri Jumapolo karena merupakan sekolah yang pertamakali memiliki jaringan internet dan hotspot.

  1. Waktu Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Mei sampai 23 Mei 2009

  1. Sumber Data

Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Jumapolo kelas X.6 dan XI.IPA 2 semester II tahun pelajaran 2008-2009.

  1. Metode Penelitian

Metode penelitian ini adalah penelitian “Deskriptif”. Pada umumnya penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis, sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Dalam penelitian deskriptif, peneliti ingin mengetahui tentang :

  1. Minat pelajar SMA untuk ingin tahu tentang situs jejaring

  2. Banyaknya pelajar SMA yang memiliki situs jejaring

  3. Kapan dan dimana pelajar SMA mengakses situs jejaringnya

  4. Peran situs jejaring bagi pelajar SMA

  5. Kesan pelajar SMA yang telah memiliki situs jejaring

  1. Metode Pengumpulan Data

Agar diperoleh data penelitian yang baik maka diperlukan instrument yang dapat dipergunakan sebagai alat pengumpul data. Dalam penelitian ini ada 3 metode pengumpulan data yaitu

  1. Metode Observasi (pengamatan).

  2. Metode wawancara.

  3. Metode angket (Questionnaire).

  1. Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah

  1. Mewawancarai dan mengobservasi pelajar SMA yang memiliki situs jejaring.

  2. Mencatat plus minus dari situs jejaring bagi pelajar SMA saat wawancara.

  3. Mengambil data dari para pelajar tentang situs jejaring yang dimiliki.

5

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

    1. Hasil Penelitian

Pada bab IV ini dilaporkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dari tanggal 19 Mei sampai 23 Mei 2009 di SMA Negeri Jumapolo, Karanganyar dengan sasaran siswa SMA kelas X.6 dan XI.IPA 2 semester II tahun pelajaran 2008-2009.

Adapun hasil penelitian di SMA sebagai berikut :

      1. Di SMA Negeri Jumapolo kelas X.6 terdapat 9 siswa yang memiliki situs jejaring, yang terdiri dari 3 siswa laki-laki atau 33,3% dan 6 siswa perempuan atau 66,7%, dapat dilihat pada tabel 4.1 dibawah ini

Tabel 4.1 Data penelitian siswa kelas X.6 yang memiliki situs jejaring.


No

Jenis Kelamin

Banyak Siswa

Presentase (%)

1

Laki-Laki

3

33,3%

2

Perempuan

6

66,7%

Jumlah

9

100%

      1. Di SMA Negeri Jumapolo kelas XI.IPA2 terdapat 17 siswa yang memiliki situs jejaring, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki atau 35,3% dan 11 siswa perempuan atau 64,7%, dapat dilihat pada tabel 4.2 dibawah ini

Tabel 4.2 Data penelitian siswa kelas XI.IPA2 yang memiliki situs jejaring.


No

Jenis Kelamin

Banyak Siswa

Presentase (%)

1

Laki-Laki

6

35,3%

2

Perempuan

11

64,7%

Jumlah

17

100%

    1. Pembahasan Hasil Penelitian

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa :

  1. Siswa SMA Negeri Jumapolo kelas X.6 dan XI.IPA2 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 9 siswa kelas X.6, dan 17 siswa kelas XI.IPA2 memiliki situs jejaring karena :

    1. Diajak teman-temannya mendaftar situs jejaring.

    2. Melihat iklan dari Koran, majalah maupun internet.

    3. Ingin memiliki banyak teman.

    4. Biar dikatakan anak global dan gaul.

  2. Agar dapat menarik siswa untuk membuat situs jejaring antara lain :

    1. Memamerkan keunggulan dari situs jejaring kepada teman yang belum punya.

    2. M

      6

      emperkenalkan manfaat dari situs jejaring kepada pelajar SMA.

    3. P

      7

      eran serta guru teknologi informasi dan komunikasi terhadap situs jejaring bagi pelajar SMA.

    1. Keterbatasan Dalam Penelitian

Penulis telah berusaha seoptimal mungkin dalam melakukan penelitian ini, namun demikian ada beberapa keterbatasan yang dirasakan, antara lain :

  1. Peneliti belum pandai membuat instrument pertanyaan-pertanyaan kepada pelajar SMA.

  2. Data yang terkumpul lewat observasi, wawancara dan catatan lapangan sangat terbatas.

  3. Siswa SMA yang diobservasi memberi jawaban atas pertanyaan sangat terbatas.

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

      1. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut :

    1. Penelitian di SMA Negeri Jumapolo, kabupaten Karanganyar sebanyak 26 siswa dengan rincian :

  1. Kelas X.6 sebanyak 9 siswa atau sekitar 34,7% siswa yang memiliki situs jejaring.

  2. Kelas XI.IPA2 sebanyak 17 siswa atau sekitar 65,3% siswa yang memiliki situs jejaring.

    1. Pelajar SMA memiliki situs jejaring dikarenakan :

  1. Diajak teman-temannya mendaftar situs jejaring.

  2. Melihat iklan dari Koran, majalah maupun internet.

  3. Ingin memiliki banyak teman.

  4. Biar dikatakan anak global dan gaul.

  1. Agar dapat menarik siswa untuk membuat situs jejaring antara lain :

    1. Memamerkan keunggulan dari situs jejaring kepada teman yang belum punya.

    2. Memperkenalkan manfaat dari situs jejaring kepada pelajar SMA.

    3. Peran serta guru teknologi informasi dan komunikasi terhadap situs jejaring bagi pelajar SMA.

      1. Saran

      1. Saran untuk siswa

Memiliki situs jejaring lebih baik dan bermanfaat, dimasa globalisasi seperti sekarang ini.

      1. Saran untuk peneliti lanjut

    1. Mengingat pelaksanaan penelitian ini baru berjalan sepekan sehingga hasil yang diperoleh belum maksimal, oleh karena itu peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapat temuan yang lebih baik dan lengkap.

    2. Instrumen observasi dan wawancara yang digunakan dalam penelitian ini masih merupakan instrument yang tingkat validitasnya belum memuaskan. Maka peneliti berikutnya dapat mencoba dengan instrument yang lebih baik (standar).

8

DAFTAR PUSTAKA

9

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Skripsi. Bandung: Alfabeta.

http://openx.detik.com/delivery/ck.php?n=ad79472d&cb, Minggu, 24, Mei, 2009.

www.weforum.org/en/index.htm, Selasa, 03, Februari, 2009.

http://dailysocial.net/post/tag/yahoo, Kamis, 21, Mei, 2009.

http://facebook .com/pages/dailysocialnet/99378265475, Selasa, 24, Juni, 2008.

http://motivasihidup.com/2008/10/situs-jejaring-sosial.html, Minggu, 12, Oktober, 2008.

http://parmans.wordpress.com, 16, Januari, 2009.

Lampiran 1

B

10

AHAN WAWANCARA DAN OBSERVASI

    1. Apakah anda tahu apa itu situs jejaring?

    2. Dari siapa anda tahu situs jejaring?

    3. Sejak kapan anda menjalankan media situs jejaring?

    4. Apa alasan anda mempunyai situs jejaring?

    5. Media apakah yang anda gunakan untuk membuat situs jejaring?

    6. Dengan siapa anda biasanya menjalankan situs jejaring?

    7. Berapa lama anda menjalankan situs jejaring?

    8. Apa manfaat dari situs jejaring untuk anda?

    9. Apakah orang tua anda tahu kalau anda memiliki situs jejaring?

    10. Bagaimana tanggapan orang lain terhadap situs jejaring anda?

Lampiran 2

J

11

AWABAN YANG TERKUMPUL DARI WAWANCARA

  1. Tahu.

  2. Dari teman, iklan dimajalah, Koran dan internet.

  3. Sejak akhir tahun 2008 hingga sekarang.

  4. Ingin menyalurkan bakat, menampilkan profil pribadi dan ingin mencari teman saja.

  5. Media internet lewat opera mini dihandphone, kadang-kadang juga diwarnet.

  6. Kadang bersama teman dan biasanya sendirian.

  7. 20 sampai 30 menit saja.

  8. Sebagai media informasi untuk anak muda, untuk menambah teman kadang sebagai tempat curhat saat ada masalah.

  9. Tidak tahu, karena orang tua masa bodoh dengan teknologi sekarang ini.

  10. Sangat menarik karena di situs jejaring saya banyak fitur dan desain layoutnya menarik.

Lampiran 3

D

12

AFTAR SISWA YANG MEMILIKI SITUS JEJARING

  1. SMA Negeri Jumapolo kelas X.6


No

Nama Siswa

Jenis Kelamin

Jenis Situs

1

Diah Silistyanigsih

Perempuan

Friendster

2

Fattimah

Perempuan

Friendster

3

Ika Rusita Sari

Perempuan

Mxit

4

Nawang Mustikasari N

Perempuan

Facebook dan Mxit

5

Nila Supartini

Perempuan

Friendster

6

Riana Desy Anggowati

Perempuan

Friendster

7

Rizky Arief Budiman

Laki-laki

Facebook

8

Wikhi Retno Kinanthi

Laki-laki

Friendster

9

Yuliyanto

Laki-laki

Friendster

  1. SMA Negeri Jumapolo kelas XI.IPA2


No

Nama Siswa

Jenis Kelamin

Jenis Situs

1

Andriyani

Perempuan

Friendster

2

Ayu Arista

Perempuan

Friendster

3

Dwi Mulayani

Perempuan

Friendster

4

Dwi Indriyani

Perempuan

Friendster dan mxit

5

Dwi Puspitasari

Perempuan

Friendster dan mxit

6

Emi Sulistiyowati

Perempuan

Mxit

7

Febriana Wulan

Perempuan

Friendster

8

Ida Nur Astuti

Perempuan

Friendster

9

Meilina Fika R

Perempuan

Friendster

10

Nurul Ifadah K

Perempuan

Friendster

11

Yunitasari

Perempuan

Friendster

12

Bambang Prihantoro

Laki-laki

Facebook, friendster dan mxit

13

Gatot Irianton

Laki-laki

Facebook, friendster, bebo, Hi5

14

Heri Dwi H

Laki-laki

Friendster

15

Jayadi

Laki-laki

Friendster

16

Mulyono

Laki-laki

Friendster

17

Riky Madsyuri

Laki-laki

Facebook, Friendster dan mxit

L

13

ampiran 4

MACAM-MACAM SITUS JEJARING

  1. www.facebook.com

  1. www.myspace.com

  1. www.friendster.com

  1. www.bebo.com

  1. www.twitter.com

  1. www.multiply.com

  1. www.flikr.com

  1. www.hi5.com

  1. www.kombes.com

  1. www.fupai.com

  1. www.ngecap.com

  1. www.faceren.com

  1. www.xanga.com

  1. www.youtube.com

  1. www.id.yahoo.com

  1. www.blogger.com

  1. www.partyflock.com

  1. www.vox.com

  1. www.tribe.com

  1. www.thewall.com

0 Komentar:

Posting Komentar

1. Silahkan tulis komentar anda
2. Dikolom 'Beri Komentar Sebagai' pilih saja Name/URL
3. Isilah nama&URL anda. atau *URL bisa dikosongi
4. Poskan komentar
5. Klik tombol LIKE/SUKA pada laman disebelah kanan.
6. Kunjungi tulisan lainnya di bawah ini.

Monetize your Website or Blog with BidVertiser
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by MUSTAQIM, S.Pd, M.Pd